MENGAPA BENTUK DAN UKURAN SEL DALAM TUBUH BERBEDA-BEDA?

bermacam-macam bentuk dan ukuran sel pada tubuh manusia.

Banyak sekali yang menjelaskan tentang pengertian sel, jadi sebelum kita menjawab pertanyaan pada judul posting ini, sebaiknya kita pelajari dulu apa itu SEL?

- Robert Hooke (penemu sel pada jaringan gabus, dan penemu plasma sel/cairan sel).
Sel adalah elemen universal dari struktur dan fungsi organik mahkluk hidup.

- Salisbury dan Ross (penemu sel dan hormon pada tumbuhan)
Sel adalah unit kehidupan yang paling mendasar, di  mana tidak ada lagi kehidupan pada unit yang lebih kecil daripada sel.

dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa sel adalah komponen utama yang menyusun makhluk hidup dan membuat makhluk tersebut untuk tetap hidup melalui serangkaian aktivitas-aktivitas kompleks. Kita bernafas, bergerak, melirik, tersenyum, bahkan ketika Anda berusaha diam pun, tubuh Anda tetap membutuhkan adanya aktivitas sel yang luar biasa yang merupakan kreasi dari Sang Maha Pencipta.



TAHUKAH ANDA??

Bahwa di dalam tubuh manusia, katakanlah tubuh Anda, ada sekitar kurang lebih 100 triliun sel yang terdiri dari kurang lebih 200 jenis sel yang berbeda-beda. Bisa dibayangkan bahwa satu kota kecil, memiliki 100 triliun penduduk dari 200 ras yang berbeda dengan karakternya yang masing-masing unik. Hebatnya lagi, mereka tidak saling mengganggu aktivitas lainnya sehingga kota kecil itu tetap dapat berdiri kokoh, dan itulah yang terjadi pada tubuh Anda sekarang.



Sel di dalam tubuh kita, memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Ada sel yang berbentuk bulat, kotak (kubus), silindris (batang), pipih (papan), dll. Mengapa harus berbeda-beda? Mengapa semuanya tidak dibuat seragam? 

Tentu Tuhan adalah pencipta yang Maha Kreatif dengan pengetahuannya yang Maha Cerdas. Sel dirancang dengan bentuk dan ukuran yang berbeda dikarenakan masing-masing sel memiliki fungsi yang unik tergantung di mana sel tersebut ditemukan. Mari kita lihat beberapa sel di bawah ini sebagai gambaran Anda tentang hubungan bentuk, ukuran, terhadap fungsi sel nya itu sendiri.

1. Sel Spermatozoa
          Mengapa spermatozoa ini berbentuk seperti berudu? Dengan bentuk seperti ini, dan memiliki ekor yang dapat bergerak, dan kepala spermatozoa yang membulat, maka memungkinkan spermatozoa untuk bisa berenang dan bergerak bebas di dalam saluran kelamin wanita (dari rahim ke tuba falopii) untuk kemudian menembus lapisan pelindung ovum.

INGAT !!!!
Perlu dibedakan pengertian antara sperma dan spermatozoa. Spermatozoa adalah sel gamet yang diproduksi di dalam testis (tubulus seminiferus) utk kemudian dialirkan melalui epididimis. Sedangkan sperma adalah spermatozoa yang sudah melewati epididimis menuju vas deferens dan bercampur dengan getah-getah kelenjar lainnya dan sudah menjadi ejakulat yang keluar dari tubuh melalui saluran sperma (uretra pada penis). Jadi apakah gambar di bawah ini sperma atau spermatozoa?

bentuk sel spermatozoa seperti berudu berekor


2. Sel Darah putih
Sel darah putih memiliki bentuk yang dapat berubah-ubah layaknya amoeba dan memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari sel lainnya, meskipun ada sel darah putih yang berukuran kecil. Hal ini dikarenakan fungsi sel darah putih adalah sebagai penjaga dan pemusnah benda asing, bakteri, dll yang menyerang tubuh. Dengan fungsi seperti ini, maka memungkinkan sel darah putih melakukan  proses fagositosis atau mencerna partikel asing dengan mudah (lihat gambar di bawah). Selain itu, dengan bentuknya yang berubah-ubah, maka sel darah putih mampu ber-diapedesis (menembus kapiler darah)

sel darah putih dengan bentuknya yang berubah-ubah mampu menyerang partikel asing (bakteri) yang menginfeksi tubuh)
Berikut adalah video mengapa bentuk sel darah putih dapat berubah-ubah dan tidak memiliki bentuk yang tetap jika dikaitkan dengan fungsinya di dalam tubuh manusia.


3. Sel Saraf
Sel saraf adalah sel terpanjang, tertipis, dan memiliki banyak cabang. Bentuk dan ukuran seperti ini memungkinkan sel saraf mampu mengirimkan impuls (pesan) ke seluruh tubuh dengan cepat tanpa jalur yang sangat rumit

Sel saraf


Jadi sekarang Anda sudah paham dan mengerti mengapa Tuhan menciptakan sel di dalam tubuh kita dengan jumlah, dan ukuran yang unik. Subhanallah..



0 comments:

Post a Comment