OTOT APAKAH YANG PALING AKTIF PADA TUBUH KITA?

Beberapa dari orang yang saya tanya, mereka lebih banyak menjawab otot perut. Tentu dengan alasan yang logis, yaitu karena otot perut selalu kita gunakan ketika beraktifitas, misalnya duduk, berdiri, membungkuk, meloncat, bangun dari tidur, dan bahkan ketika Anda sedang berjalan.

Pendapat tersebut tentu tidaklah salah. Namun, topik kita hari ini adalah benarkah otot perut adalah otot paling aktif dalam tubuh kita? Ataukah ada otot lain yang jauh lebih aktif?

Ternyata, otot yang paling aktif adalah otot MATA

bukan berarti otot mata mampu mengangkat beban, mendorong meja, atau melemparkan batu (hahaha, sedikit jayus). 


ternyata, yang belum kita ketahui adalah pada organ mata, bisa ditemukan kurang lebih 20 juta onderdil kerja yang mampu membuat mata kita dapat bergerak 100.000 kali hanya untuk memfokuskan dan mempertajam penglihatan kita saat melihat suatu objek. Dalam kondisi tidur pun mata kita akan tetap bergerak yang disebut dengan REM (Rapid Eye Movement). Selain dari itu, mata kita mampu merekam 36.000 informasi setiap jam nya termasuk mampu membedakan dengan cepat jenis warna, ukuran, jarak, jenis objek, dll. Bahkan, ketika Anda melihat satu buah pulpen di atas meja hanya dalam waktu satu detik, maka ratusan milyar proses sedang terjadi di mata Anda

Subhanallah Maha Hebat Sang Pencipta kita, Allah SWT.

LALU APA YANG MEMBUAT MATA KITA DAPAT BERGERAK?

kemampuan mata bergerak tentu tidak terlepas dari adanya peran otot-otot pada mata, seperti adanya muskulus rektus lateralis dan medialis, muskulus rektus superior dan inferior, dan muskulus rektus oblikus)

berbagai otot pada mata manusia

Itulah mengapa mata merupakan salah satu organ tubuh yang paling aktif dan paling bertenaga. Selain itu, hampir 80% dari apa yang diolah di dalam otak kita berasal dari mata. 



sumber : 350 pertanyaan terpopuler seputar biologi

1 comments:

marvintel said...

Huwau thengkyu

Post a Comment